Minggu, 10 Januari 2021

JURNALISTIK DAN MULTI MEDIA TERKINI

 

Materi kedelapan dalam kegiatan *KADERISASI ULAMA MIUMI (KUM-1)*, membahas tema  tentang *”JURNALISTIK  DAN MULTI MEDIA TERKINI”* yang disampaikan oleh *Ust. Dzikrullah*,  beliau mengungkapkan bahwa   Jurnalistik merupakan salah satu dimensi kehidupan yang di era modern pengaruhnya begitu besar, persepsi dan perfektif,  masyarakat dalam sebuah Negara bisa digiring kedalam sebuah target sasaran apakah beraksi reaktif atau proaktif.

 

*MEDIA TRADISIONAL VERSUS  MEDIA SOSIAL*

 

Jika kita amati dan perhatikan perbedaan yang mencolok antara media tradisional dengan media sosail. Perbedaan yang mendasarnya adalah :

 

1.      Media tradisonal Dari Satu kepada Semua vs Dari Semua untuk Semua

2.      Fokus Berita vs Fokus Interaksi Antar

3.      Orang dan Komunitas Searah vs Segala Arah Satu

4.      Bentuk Media vs Gambar, Video, Multimedia

5.      Terbatas Daya Jangkau dan Jumlahnya vs Daya Jangkau Global, Jumlah Tak Terbatas

6.      Ada Jarak Waktu Antara Peristiwa dan Penyiaran vs Semua Uploading Langsung Pendiriannya Dibatasi Peraturan vs Bebas

 

*NILAI-NILAI PRINSIP DARI SEBUAH  BERITA*

 Dalam penyajian berita ada nilai-nilai prinsip yang harus ada di dalamya,  diantaranya adalah :

1.      Actuality (Kehangatan)

2.      Impact (Dampak)

3.      Magnitude (Besaran)

4.      Proximity (Kedekatan)

5.      Public Interest (Kemashlahatan Masyarakat)

6.      Human Interest (Sentuhan Kemanusiaan)

7.      Oddity/Bizzarreness (Keanehan/Kengerian)

8.      Prominence (Nama Terkenal)

9.      Conflict (Konflik) Timeline (Alur Peristiwa)

 

Nilai berita yang abadi sebenarnya ada dalam Islam, ada dalam diri RasuluLLah, ada sebuah nilai agung di dalamnya, yaitu : Shidq,  Amanah,  Fathanah dan  Tabligh.

 

Shidq  mengandung artin  Belajar dan Riset Terus-Menerus, Amanah  bisa dimaknai  Konsisten Menjaga Mutu Informasi,  Fathanah  adalah Memecahkan Persoalan dan Inovatif Tabligh  adalah  Memudahkan Pemahaman.

 

*SRATEGI MARKETING BERITA*

 

Dalam menyusun sebuah berita yang baik ,  benar dan dapat bersaing  melawan berita yang tidak adil dan profokatif. Maka harus ada sebuah nilai-nilai dalam menyuguhkan sbeuah berita.  Diantaranya :

 

1.      Kehangatan

2.      Besarnya berita

3.      Kedekatan lokasi

4.      Info

5.      Publir interest

6.      Human interes

7.      Keanehan dan kenegrian

 

*MEMBENTUK TIM MEDIA SOSIAL YANG HANDAL*

 

Dalam membentuk Organisasi Media Sosial yang handal dan dapat survive dalam dunia jurnalistik di era 4.0 . Maka harus ada sebuah tim yang solid dan terorganisir. Diantaranya yaitu

1.      Tim riset

2.      Tim program

3.      Tim produksi

4.      Tim siaran dan monitoring

5.      Tim diskusi dan evaluasi

 

Maka media yang baik adalah media yang membentuk selera baca masyarakat, menghasilkan nuansa publik yang mendamaikan, menenangkan dan menghasilkan produktifita yang positit.

 

BY : Misbahudin


Tidak ada komentar:

Posting Komentar